Minggu, 23 September 2018

 •Apa itu DHCP?? 
 •Apa perbedaan DHCP Client dan DHCP    Server?? 
 •Cara Kerja DHCP?? 
 •Keuntungan menggunakan DHCP?? 

MARI KITA JAWAB SATU PERDUA PERTANYAAN BERIKUT :





 •DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan protokol client-server yang digunakan untuk memberikan alamat IP kepada komputer client/ perangkat jaringan secara otomatis.

 •Komputer yang bertugas memberikan alamat IP secara otomatis kepada komputer client disebut dengan DHCP server. Sedangkan komputer yang meminta alamat IP disebut dengan DHCP client.


 •Pada saat user menghidupkan komputernya dan menghubungkannya ke server yang menggunakan layanan DHCP, maka komputer tersebut otomatis meminta (request) alamat IP ke server. Kemudian server menjawab permintaan komputer tersebut dan memberikannya sebuah alamat IP.

Untuk lebih jelas mengenai cara kerja DHCP, anda bisa menyimak proses-proses yang terjadi pada layanan DHCP sebagai berikut :

 -IP Least Request
Komputer client meminta alamat IP ke server
 -IP Least Offer
DHCP server yang memiliki list alamat IP memberikan penawaran kepada komputer client. 
 -IP Lease Selection
Komputer client memilih/ menyeleksi penawaran yang pertama kali diberikan DHCP, kemudian melakukan broadcast dengan mengirim pesan bahwa komputer client menyetujui penawaran tersebut. 
 -IP Lease Acknowledge
Pada tahap ini DHCP server menerima pesan tersebut dan mulai mengirim suatu paket acknowledge (DHCPACK) kepada client.

Paket tersebut berisi berapa lama komputer client bisa menggunakan alamat IP tersebut (yang diberikan DHCP server) beserta konfigurasi lainnya. Dan komputer client pun dapat terhubung ke jaringan.
 •Keuntungan menggunakan layanan DHCP
 -Tidak perlu memberikan/ mengkonfigurasi alamat IP kepada client satu per satu. 
-Mencegah terjadinya IP conflict yang sering terjadi pada suatu jaringan. 
-Dengan layanan DHCP, komputer client dapat menggunakan alamat IP dalam jangka waktu tertentu (tergantung pemberian server).
-Komputer client dapat menggunakan suatu alamat IP yang tidak dipakai oleh komputer client yang lain. 
-Selain itu, dengan adanya DHCP, kita dapat mengintegrasikan suatu mesin (host) ke dalam suatu jaringan, karena nantinya mesin tersebut akan mendapat alamat IP juga melalui pooling yang sebelumnya telah dibuat oleh server.

*Jadi kesimpulan yang bisa diambil dari tulisan saya mengenai pengertian DHCP adalah, DHCP merupakan sebuah protokol client-server digunakan untuk memberikan alamat IP kepada client secara otomatis. Terdapat empat proses yang terjadi pada cara kerja DHCP server, yaitu IP Least Request, IP Least Offer, IP Lease Selection, dan IP Lease Acknowledge.

Sekian materi yang bisa saya sampaikan meskipun dalam bentuk kata-kata yang masih belum beraturan mohon diamklumkan...  KOMENTAR ANDA SANGAT BERARTI BAGI SAYA BILA ADA KATA-KATA YANG KURANG BERKENAN ATAUPUN TIDAK PANTAS MOHON DIKOREKSI...  HATUR THANKU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar